Jumat, 06 Januari 2017

Konsep Perancangan Rumah, Daftar Kebutuhan Rumah & RAB

DEFINISI RUMAH

Dalam arti umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang.

KONSEP PERANCANGAN RUMAH

Modern Minimalis serta Ramah Lingkungan

Memiliki rumah yang indah dan nyaman adalah impian semua orang, tidak terkecuali saya. Kali ini saya akan membuat konsep perancangan rumah yang mungkin suatu hari nanti akan menjadi rumah impian saya. Saya akan membuat konsep rumah dengan tema modern minimalis serta ramah lingkungan. Kenapa saya memilih tema modern minimalis, karena saya menyukai tema rumah yang terkesan simple, elegan serta modern. Lalu kenapa ramah lingkungan, karena sekarang ini sudah banyak timbul dampak negatif pemanasan global yang penyebabnya tidak lain adalah diri kita sendiriyang merusak lingkungan. Hal ini juga berimbas pada pembangunan rumah. Kini semakin banyak ditemui sebuah rumah dengan konsep ramah lingkungan. Rumah yang ramah lingkungan kini telah menjadi tuntunan bgi orang yang sadar mengenai lingkungan sekitar. Maka dari itu saya ingin mengangkat tema ramah lingkungan supaya dapat menjadi referensi bagi orang yang melihatnya.

Dapat dikatakan rumah ramah lingkungan jika rumah tersebut memiliki beberapa aspek tertentu, yaitu :
  •  Efisiensi cahaya
           Pencahayaan alami sangat dibutuhkan dalam penerapan desain rumah ramah lingkungan yang akan                dirancang dengan tujuan agar pemakaian listrik pada siang hari bisa dikurangi.
  •     Sirkulasi udara
            Jendela yang lebar dan lubang ventilasi akan dibuat untuk sirkulasi udara yang membuat ruangan                   mempunyai oksigen yang cukup dan menjadi adem, tidak sumpek atau pengap.
  •      Saluran air
  •    Hingga masalah penghematan ruangan dan tempat
            Tidak banyak sekat dan penataan properti rumah dengan rapi akan menimbulkan  kesan luas                         pada rumah ini.

Gaya modern minimalis serta ramah lingkungan dari rumah ini dapat dilihat dari pilihan material bangunan, properti, serta interior yang akan memenuhi pembangunan rumah ini. Pemasangan lantai kayu, genteng tarkey yang berbahan dasar kayu ulin dan material ramah lingkungan lainnya, juga dibuatnya lahan terbuka hijau akan menambah kesan ramah lingkungan.









Daftar Pustaka :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar